Setiap tulisan dalam buku ini menyajikan refleksi konkret : bagaimana guru dapat menjadi saksi iman sekaligus penggerak belarasa, bagaimana sekolah membangun budaya peduli terhadap sesama, serta bagaimana proses belajar-mengajar menumbuhkan kesadaran kritis dan aksi nyata bagi masyarakat miskin dan terpinggirkan. Pendidikan tidak lagi berhenti pada transfer ilmu, tetapi menjadi sarana formasi m…
Buku yang berisi kumpulan refleksi dalam rangka memperingati 30 tahun kehadiran Katekismus Gereja Katolik ini terdiri dari tigas bagian besar, yaitu "Katekese dalam Misi Evangelisasi Gereja", "Proses Katekese", dan "Katekese dalam Gereja-Gereja Partikular".
Buku ini merupakan kumpulan catatan kritis para akademisi, peneliti dan pegiat pendidikan. Beberapa tema tulisan dalam buku ini; pendidikan untuk apa dan untuk siapa, pendidikan di era transformasi sosial-budaya, kesenjangan pendidikan, hegemoni pasar kerja dalam pendidikan, digitalisasi pendidikan, pendidikan multikultural, kekerasan dalam dunia pendidikan, pendidikan guru, liberal arts, pendi…
Remaja yang baik bukan mereka yang hanya mikir gaul tanpa peduli lingkungan. Remaja keren adalah mereka yang mampu menunjukkan diri peduli lingkungan.
Buku pengantar pendidikan ini menjawab permasalahan calon pendidik yang ingin mendalami hakekat pendidikan ataupun mendampingi perkuliahan matakuliah pengantar pendidikan.
Di lingkungan LPTK, sesungguhnya yang diperlukan saat ini bukan semata jumlah lulusan pendidikan yang mengagumkan, melainkan dampak pendidikan, berupa utilitas atau daya guna lulusan pada sekolah-sekolah atau lembaga pendidikan lainnya.
Melalui buku ini, Paulo Freire mengkritik keras model pendidikan gaya bank barat yang disebutnya sebagai alat penindasan. Sebagai gantinya ia mengajukan konsep pendidikan hadap-masalah yang disebutnya sebagai alat pembebasan. Metodologi Paulo Freire ini terbukti telah membantu orang-orang miskin dan buta huruf yang tak terhitung jumlahnya di seluruh dunia.
Buku ini disusun untuk memenuhi referensi bagi para guru, mahasiswa, dan pemerhati pendidikan pada umumnya. Oleh karena itu, dalam buku ini dikaji tentang hakikat psikologi pendidikan, pertumbuhan dan perkembangan individu, serta mengenai teori-teori belajar, kesulitan belajar, anak berkebutuhan khusus, pengelolaan kelas, dan bimbingan konseling.
Pendidikan Karakter sangat penting terutama bagi perkembangan hidup anak didik dan bagi perkembangan bangsa dan negara Indonesia ke depan. Buku ini terutama diperuntukkan bagi para guru, calon guru, kepala sekolah, dan para pengembang pendidikan karakter agar memperoleh gambaran umum yang menyeluruh tentang persoalan pendidikan karakter yang dikembangkan di Indonesia ini.
Rasa prihatin atas kondisi pendidikan di Indonesia yang tidak kurang parah dibandingkan dengan parahnya kondisi sosial, politik, dan ekonomi, serta didorong oleh rasa tanggung jawabnya dan hasrat untuk ikut memperbaiki kondisi pendidikan kita, menjadi langkah awal bagi terbitnya buku ini.
Kemendikbud RI menyatakan, bahwa bangsa besar adalah bangsa yang memiliki karakter kuat, berdampingan dengan kompetensi yang tinggi, yang tumbuh dan berkembang dari pendidikan yang menyenangkan dan lingkungan yang menerapkan nilai-nilai baik dalam seluruh sendi kehidupan berbangsa dan bernegara. Hanya dengan karakter yang kuat dan kompetensi yang tinggilah, jati diri bangsa menjadi kokoh, kolab…
Buku ini hadir, dimaksudkan untuk menambah koleksi literatur mengenai pendidikan karakter dalam bahasa Indonesia. Diharapkan, buku ini mampu menjadi inspirasi sekaligus panduan bagi pembaca yang budiman pada khususnya dan dunia pendidikan pada umumnya, untuk memasuki sekaligus menggeluti pendidikan karakter.
Dalam buku ini dijelaskan bagaimana sejarah dan perkembangan Taman Siswa sebagai Perguruan Nasional pertama yang berwawasan kebangsaan dan kemerdekaan. Salah satu hal penting di dalam buku ini : pamong dan kepamongan mempunyai posisi sangat strategis dan penting dalam ketamansiswaan, terutama dalam kaitannya dengan pembentukkan karakter.
Anda seorang pendidik? Masuklah pada kedalaman hati dan hidup anak, dan anda akan menemukan indahnya karya Tuhan dalam membentuk sebuah pribadi yang berharga. Inilah seni membangun pendidikan yang berkualitas bagi generasi bangsa masa depan.
Faktanya baik disadari atau tidak, setiap orang telah berpikir dengan mempergunakan ide-ide statistik, seperti halnya pengertian rata-rata dipergunakan oleh produsen dalam kegiatan marketing, sarjana ekonomi untuk mengetahui keadaan kehidupan masyarakat suatu negara. Demikian halnya bagi dunia pendidikan, statistik dipergunakan sebagai suatu "alat bantu" untuk memberikan gambaran tentang suatu …
Melalui buku ini, pembaca diajak mengikuti kegiatan beberapa jenis penelitian langkah demi langkah, sesuai dengan paradigmanya. Berbeda dengan buku-buku penelitian lainnya, setiap jenis penelitian baik yang kuantitatif maupun yang kualitatif dibahas secara rinci mulai dari dasar konseptualnya sampai contoh penerapannya dalam pelaksanaan.
Buku Metodologi Pendidikan : Kompetensi dan Praktiknya, Edisi Revisi membahas materi dengan ringkas dan mudah dimengerti bagi para mahasiswa maupun praktisi. Materi buku ini luas dan dilengkapi dengan contoh metode, simpulan, dan pertanyaaan yang bisa dikembangkan untuk masing-masing keperluan.